Minggu, 05 Februari 2023

Ulangan Harian Informatika

 SOAL

  1. Apakah tujuan belajar analisis data?
  2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
  3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
  4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
  5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
  6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
  7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
  8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
  9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?
  10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?
  11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?
  12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
  13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
    index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
  14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
    dalam meringkas data?
  15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
    sulit digunakan?
  16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
    penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!
  17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
  18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
    unplugged (tanpa komputer)?
  19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
  20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
    pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?
JAWABAN

1. untuk mendeskripsikan data sehingga bisa di pahami, lalu untuk membuat kesimpulan atau menarik kesimpulan mengenai data yang didapatkan dari sampel.

2. 6 Langkah pengolahan data
  1. Data collection atau pengumpulan data. ...
  2. Data preparation atau mempersiapkan data. ...
  3. Data input atau memasukkan data. ...
  4. Data processing atau pengolahan data. ...
  5. Data output atau hasil pengolahan data. ...
  6. Data storage atau penyimpanan data

3. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal.

4. Pivot Table merupakan cara yang interaktif untuk meringkas sejumlah besar data dengan cepat. Pivot Table dapat digunakan untuk menganalisis data numerik secara mendetail dan menjawab pertanyaan yang tak terduga tentang data Anda.

5. COUNTIFS menerapkan kriteria ke sel dalam berbagai rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi. SUMIFS menambahkan sel dalam rentang yang memenuhi beberapa kriteria.

6. Ringkasan statistik merangkum dan memberikan informasi tentang data sampel Anda . Ini memberi tahu Anda sesuatu tentang nilai dalam kumpulan data Anda . Ini termasuk di mana letak rata-rata dan apakah data Anda miring.

7. Analisis data sangat diperlukan, sebab pengambilan keputusan harus berdasarkan dengan data yang ada. Seorang data analis bertugas untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data agar dapat dibaca dengan mudah.

8. Pilih data. Adapun langkah pertama adalah memilih data yang ingin dijadikan bentuk grafik
  1. Pilih Insert pada menu bar. 
  2. Pilih jenis grafik yang diinginkan. ...
  3. Atur posisi grafik ke dalam worksheet. ...
  4. Ubah judul grafik.

9. Pencarian data sering juga disebut table look-up atau storage and retrival information adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang di perlukan secepat mungkin.

10. Visualisasi data adalah proses menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta untuk merepresentasikan data.

11. Apa yang dimaksud dengan pengolahan data dalam penelitian? Pengolahan data dalam penelitian adalah proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan

12. Gunakan LOOKUP, salah satu fungsi pencarian dan referensi, saat Anda harus mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua.

13. FungsiMATCH: Fungsi MATCH mencari item yang ditentukan dalam rentang sel, kemudian mengembalikan posisi relatif item tersebut dalam rentang. Sebagai contoh, jika rentang A1:A3 berisi nilai 5, 25, dan 38, rumus =MATCH(25,A1:A3,0) akan mengembalikan angka 2, karena 25 merupakan item kedua dalam rentang tersebut. 

Fungsi CHOOSE: Fungsi CHOOSE dievaluasi terlebih dahulu, yang mengembalikan referensi B1:B10. Fungsi SUM lalu dievaluasi menggunakan B1:B10, hasil fungsi CHOOSE, sebagai argumennya.

Fungsi INDEX: menghasilkan nilai atau referensi ke nilai dari dalam tabel atau rentang. Ada dua cara untuk menggunakan fungsi INDEX: Jika Anda ingin mendapatkan nilai sel atau array sel yang ditentukan, lihat Bentuk Array. Jika Anda ingin mendapatkan referensi untuk sel tertentu, lihat Bentuk referensi.

14. Fungsi SUMIFS: salah satu dari fungsi matematika dan trigonometri, menambahkan semua argumennya yang memenuhi beberapa kriteria. Sebagai contoh, gunakan SUMIFS untuk menjumlahkan jumlah pengecer di negara yang (1) berada dalam satu kode pos dan (2) yang labanya melebihi nilai dolar tertentu.

Fungsi COUNTIFS: menerapkan kriteria ke sel melalui beberapa rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi.

15. SUMIFS

16. Berguna untuk SUMIFS dan COUNTIFS.

17. Aku senang dan tertantang

18. Banyak singkatan yang masih susah di hafal. 

19. Pivot pada umumnya adalah laporan berbentuk tabel yang dalam waktu singkat bisa menampilkan ringkasan dari jumlah data besar kedalam bentuk atau orientasi berbeda serta mampu melakukan kalkulasi pada setiap item yang dibutuhkan.

20. sudah mengerti


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Bab 7 Informatika

  A. Scratch Lanjutan     Aktivitas yang ada dapat membantu kalian untuk memahami tentang kontrol program, input atau masukan pengguna, peny...