Kamis, 25 Agustus 2022

Pengalaman Belajar Informatika

 Pengalaman Belajar Informatika

Halo, perkenalkan saya Mutiah Hasan dari kelas 8E absen 19. Pada blog kali ini, saya akan menjelaskan tentang pengalaman saya belajar informatika.

Pada pembelajaran informatika di kelas VII, kita mempelajari banyak hal yang menyenangkan terkait informatika. Salah satu yang paling menarik adalah membuat game. Saat kelas VII, kita diminta untuk membuat game sederhana melalui website yang bernama scratch. Disana kita bisa belajar tentang coding sederhana. 

Selain memainkan game dari Scratch, saya juga suka bermain game Pacman. Di game ini, kita tidak boleh tertabrak dengan hantu yang ada di game tersebut, serta kita harus mengambil poin-poin yang ada di game tersebut.





Informatika adalah ilmu yang mempelajari penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data yang berukuran besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk belajar informatika. Belajar informatika juga tidak hanya tentang komputer, tetapi juga bisa membangun sifat-sifat murid untuk melengkapi Profil Pelajar Pancasila. Profil pelajar pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur pancasila peserta didik. Jadi saya senang belajar Informatika.

5 Pertanyaan Reflektif

1. Setelah mempelajari setiap elemen informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? 
Ya, bisa.

2. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas di blog kamu!
Saat bisa bermain dan belajar secara sekaligus dengan game Pacman ini

3. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajarai di kelas VII?
Ya, contohnya saat membuat laporan di excel dan saat memakai keyboard (ctrl+a, ctrl+c, ctrl+v, dsb).

4. Elemen informatika apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?
Berpikir komputasional.

5. Rangkuman faktual yang sudah dipelajari, ceritakan dengan ringkas menggunakan kata-kata kalian sendiri. Mungkin saja terlewatkan dan ada beberapa konsep atau akativitas yang belum kalian lakukan saat berada di kelas VII.
Berpikir Komputational (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP)

1. Berpikir Komputational (BK)?
Berpikir komputational adalah metode untuk menyelesaikan persoalan dengan memakai teknik informatika.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
Teknologi informasi dan komunikasi adalah kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, pengelolaan, dan penyampaian informasi.

3. Sistem Komputer (SK)?
Sistem komputer adalah kumpulan dari hardware, software, dan brainware yang saling berhubungan untuk pengolahan data.

4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)?
Jaringan komputer dan internet adalah perangkat komputer yang saling terkoneksi dan digunakan untuk berbagai sumber data.

5. Analisis Data (AD)?
Analisis data adalah sebuah proses untuk mengelompokan data yang telah siap untuk dipelajari.

6. Algoritma dan Pemrograman (AP)?
Algoritma dan pemograman adalah langkah-langkah yang disusun secara berurutan untuk menyelesaikan masalah.

7. Dampak Sosial Informatika (DSI)?
DSI adalah pengaruh studi yang mempelajari aspek-aspek sosial daria sistem komputer.

8. Praktik Lintas Bidang (PLB) Informatika?
Praktik lintas bidang informatika adalah konsep pembelajaran terhadap penekanan sebuah pengembangan pengetahuan yang harus dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Bab 7 Informatika

  A. Scratch Lanjutan     Aktivitas yang ada dapat membantu kalian untuk memahami tentang kontrol program, input atau masukan pengguna, peny...